Sabtu, 18 Februari 2012

WORKSHOP NASIONAL STANDARISASI PROMOSI KEPARIWISATAAN DAERAH PROVINSI, KOTA, DAN KABUPATEN DI INDONESIA



WORKSHOP NASIONAL
STANDARISASI PROMOSI KEPARIWISATAAN DAERAH
PROVINSI, KOTA DAN KABUPATEN DI INDONESIA
ANGKATAN KE-1


A.  Latar Belakang
Dalam lingkungan ekonomi dan politik sekarang, industri pariwisata atau tepatnya segmen ekonomi maju ke depan merupakan kesempatan besar satu-satunya dalam pertukaran ekonomi budaya dan politik dunia. Pariwisata dalam arti seluas-luasnya dapat lebih mendorong pengertian antar bangsa menuju perdamaian dunia. Selain itu juga memerlukan kesempatan kerja, menghasilkan devisa dan meningkatkan taraf kehidupan, lebih daripada kekuatan ekonomi lain yang diketahui.
Pada skala nasional program otonomi daerah yang sedang dijalankan sampai saat ini telah banyak memberikan perubahan secara periodik dimana daerah-daerah berambisi menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor andalannya. Pilihan pariwisata sebagai sektor andalan tersebut tidaklah terlalu berlebihan apabila dilihat dari fenomena kepariwisataan Indonesia secara luas yang tetap tegar citranya meski dihantam berbagai krisis. Dukungan lain adalah dari berbagai laporan instansi pemerintah daerah baik dari instansi kepariwisataan maupun yang terkait dengannya (seperti perdagangan, perindustrian, perhubungan, dll), yang mencatat adanya perkembangan dampak ekonomis yang semakin meningkat dari adanya kegiatan kepariwisataan di Indonesia. Realita yang terjadi hampir disetiap daerah kurang memiliki pemahaman yang jelas dan kemampuan yang memadai untuk mempromosikan pariwisatanya. Di sisi lain, pengamatan selintas menunjukan bahwa kondisi sosial budaya masyarakat di daerah belum siap menerima perubahan yang ditimbulkan oleh kemajuan di bidang pariwisata, karena persepsi masyarakat masih negatif terhadap bisnis atau industri jasa pariwisata. Padahal perkembangan di bidang pariwisata tidak dapat lepas dari jasa hiburan yang mempunyai daya tarik khusus. Problema pariwisata yang terkemuka sesungguhnya terjadi mulai dari awal hingga akhir, sebagai suatu mata rantai nilai yang ingin dicapai oleh para pelaku dalam dunia pariwisata yaitu :
-          Bagaimana pembinaan yang dilakukan oleh dinas yang terkait
-          Bagaimana suatu informasi pariwisata dikemas untuk disebar kepasar
-          Bagaimana biro jasa perjalanan memberikan pelayanan
-          Bagaimana sarana serta prasarana transportasi (jalan, lapangan udara, pelabuhan laut) menuju daerah tujuan wisata
-          Bagaimana akomodasi serta mutu makanan yang ada
-          Bagaimana kualitas sarana dan pelayanan hotel atau penginapan
-          Bagaimana pelaku yang lain menjual produk serta kualitas pelayanan seperti tempat rekreasi, tempat hiburan (bar, café, dischotique, dll) serta pedagang atau toko souvenir.
-          Sejauh mana kegiatan promosi yang telah dilakukan. 
  
Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan suatu tantangan di era globalisasi saat ini dimana timbulnya persaingan yang sangat ketat sehingga memerlukan penguasaan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi secara komperehensif dalam mengelola sumber-sumber daya pariwisata. Untuk menjawab hal-hal tersebut Himpunan Mahasiswa Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung menyelenggarakan :

WORKSHOP NASIONAL
STANDARISASI PROMOSI KEPARIWISATAAN DAERAH
PROVINSI, KOTA, DAN KABUPATEN DI INDONESIA
ANGKATAN KE-1

B.  Tujuan Dan Sasaran
Program pendidikan dan pelatihan ini memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, antara lain :

Umum      : Meningkakan kemampuan teknis para pelaku pembangunan pariwisata garis depan baik jajaran Bidang Pelayanan Pariwisata Dinas Pariwisata Kota dan Kabupaten, PHRI, Manager/Karyawan rumah makan, Restoran, Hotel Melati dan Bintang serta Tenaga Guru SMK yang bergerak di bidang pariwisata. Agar secara bersama (kalangan stakeholder) memiliki persepsi dan jaringan kerjasama yang konstruktif dalam mempromosikan kepariwisataan di daerahnya masing-masing diera otonomi daerah dan globalisasi.

Khusus    :  Membina dan melatih para peserta untuk memahami dan menguasai arti, fungsi, peranan dan manfaat serta perspektif kepariwisataan secara holistic dengan sasaran :
1.      Peserta semakin memahami ruang lingkup tugas-tugas, wewenang, dan tanggungjawab yang harus dilaksanakannya.
2.                        Peserta memahami apa,siapa, mengapa, bagaimana, kapan, dan dimana promosi dari usaha pariwisata itu dapat dirancang bagi setiap usaha pariwisata.
3.                        Peserta memahami mengapa promosi usaha pariwisata itu sangat penting, sehingga dapat meningkatkan devisa dan APBD. 


C.  Kerangka Pikir






D. Kualifikasi Peserta
Kegiatan pendidikan dan pelatihan ini diusulkan sejumlah 200 peserta yang terbagi ke dalam 80% pegawai yang direkomendasikan oleh Kantor Dinas Pariwisata Daerah masing-masing Provinsi, Kota/Kabupaten yang dipertimbangkan berdasarkan tugas dan fungsi di wilayah masing-masing, dan 20% asosiasi, pengusaha atau umum yang bergerak di bidang pariwisata. 
-          Dinas Pariwisata Daerah Provinsi, Kota/Kabupaten
-          BAPPEDA Provinsi, Kota/Kabupaten
-          Anggota Legislatif Provinsi, Kota/Kabupaten
-          Manajer/Karyawan Rumah Makan, Restoran
-          Manajer/Karyawan Hotel Melati, Bintang
-          Tenaga Pengajar
-          Asosiasi Pariwisata, Lembaga Swadaya Masyarakat
-          Umum

E.   Pelaksanaan Kegiatan
1.    Rangkaian Kegiatan
Kegiatan pendidikan dan pelatihan yang akan dilakukan merupakan suatu rangkaian aktifitas yang terdiri dari
a.      Pre Test
Pre test merupakan kegiatan awal untuk mendiagnosa pengetahuan kepariwisataan peserta melalui soal-soal sederhana (simple test).
b.     Workshop
Seminar ini merupakan kegiatan inti dari pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang berupa pemberian materi-materi yang mencakup kepariwisataan baik secara lokal maupun global yang disampaikan oleh pakar-pakar yang ahli dibidangnya masing-masing.

c.       Post Test
Post test merupakan kegiatan akhir dimana para peserta dievaluasi secara serentak mengenai hasil-hasil yang telah didapatkan selama mengikuti program ini melalui serangkaian test secara tertulis.

d.     FieldTrip dan Gala Dinner (additional)
Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan bagi para peserta sebagai bahan perbandingan dan pengetahuan tambahan ketika peserta kembali ke tempat asal masing-masing. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara terpisah dan akan disesuaikan dengan jadwal yang telah tersedia.
 
2.    Jadwal dan Tempat Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan diakhiri dengan laporan, dilaksanakan pada :
              Hari                :           Minggu s/d. Kamis
              Tanggal          :           30 November  s/d.  4 Desember 2008
              Tempat          :           Hotel Horison
                                                  Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 121  Buah Batu
                                                  Bandung 40264

3.    Kepanitian
Penanggung Jawab               : DR. Moh. Liga Suryadana, M.Si.
  Direktur Pasca Sarjana STP Bandung
Ketua Pelaksana                    : Ir. I Ketut Warmayana Dana
Wakil Pelaksana                    : Yakobus Karacap, SST. Par.
Sekretaris                                : Rendy Wijaya, SST. Par.
Bendahara                               : Ari Juli Murwanti, SE.
Publikasi & Dokumentasi    : Daniel Cassa Augustinus, SS.
                                                    Furqan Abd. Kadir Jakam , SE.
Akomodasi & Transportasi : Ihram Ramdhani Atmadja, SE.Par.        
                                                    M. Yogi Wira Sugama, SE.
Acara                                       : Siti Alia Hairiyani, ST.                             
                                                    R. Sondjana Ali Suganda, S.Sos.
Penggalangan Dana              : Yogiana Mulyani, SST.Par.
                                                      Dinarsiah Chendraningrum, SST. Par.
                                                    Imron Rosadi, S.Pd.
                                                    Zaenal Muttaqien, SST. Par.
Kesekretariatan                      : Rowdy Hayes Wonmally, SS.

F.   Anggaran Biaya
(Terlampir)

G. Penutup
Kegiatan yang diajukan ini merupakan salah satu upaya yang dianggap srategis. Efektifitas pelaksanaan kegiatan ini sudah dapat dipastikan akan mendongkrak mutu proses pelaksanaan kepariwisastaan di provinsi, kota/kabupaten di Indonesia karena out-come dari kegiatan ini adalah kegairahan peserta untuk terus menerus meningkatkan kualitas kinerjanya di daerah masing-masing. Karena itu, dianggap sangat rasional jika berbagai pihak yang terkait dapat ikut serta mengambil bagian demi terselenggaranya sistem kepariwisataan dengan baik.
Hal-hal yang berkenaan dengan teknis pelaksanaan sebaiknya secara sistematis untuk ditaati dan dilakukan perbaikan jika menghadapi kekurangan pada saat implementasi program.


Bandung, 6 Oktober 2008


Panitia Workshop Nasional Standarisasi Promosi Kepariwisataan Indonesia
Himpunan Mahasiswa Pascasarjana STP Bandung





        Rendy Wijaya, SST. Par.                                                              Ir. I Ketut Warmayana Dana
                 Sekretaris                                                                                                        Ketua

Mengetahui :
Program Pasca Sarjana
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

                                                                 
DR. Moh. Liga Suryadana, M.Si.
                                                                          Direktur


                                                

Bagi paket sponsor A panitia akan memberikan kompensasi penuh seperti :

·      Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang berukuran 5 x 0,9 meter
·      Pencantuman logo sponsor pada website http://www.gene_delapan.co.cc
·      Pencantuman logo sponsor pada dekorasi gedung
·      Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
·      Pencantuman logo sponsor pada seminar kit termasuk folder buku panduan acara
·      Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan itu sendiri.
·      Penyerahan plakat pada akhir acara
·      pemegang hak eksklusif
           
  Bentuk partisipasi dari paket sponsor A adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan konvensi sebesar 50 % dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya sebesar 40 %



Bagi paket sponsor B panitia akan menyediakan bentuk kompensasi bagi perusahaan, sebagai berikut:
·         Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang berukuran 5 x 0,9 meter
·         Pencantuman logo sponsor pada dekorasi gedung
·         Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
·         Pencantuman logo sponsor pada seminar kit termasuk folder buku panduan acara
·         Pencantuman logo sponsor pada website http:// www.gene_delapan.co.cc
·         Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan itu sendiri

Bentuk partisipasi dari paket sponsor B adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan konvensi sebesar 25 % dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya sebesar 40 %


Bagi paket sponsor C panitia akan menyediakan bentuk kompensasi bagi perusahaan, sebagai berikut:
  • Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang berukuran 5 x 0,9 meter
  • Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
·         Pencantuman logo sponsor pada website http://www.gene_delapan.co.cc
  • Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan itu sendiri.
Bentuk partisipasi dari paket sponsor C adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan konvensi sebesar 10 % dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya sebesar 40 %


Bagi paket sponsor D panitia akan menyediakan bentuk kompensasi bagi perusahaan, sebagai berikut:
  • Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
  • Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang berukuran 5 x 0,9 meter
  • Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan itu sendiri.

Bentuk partisipasi dari paket sponsor D adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan konvensi sebesar 5% dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya sebesar 40 %



            Panitia tidak menutup kemungkinan dan membuka kesempatan bagi pihak lain yang ingin memberikan bantuan maupun kesediaan untuk bekerjasama atas nama pribadi maupun perusahaan. dari pihak sponsor yang dapat di bicarakan dan di sepakati bersama di luar paket sponsor yang tersedia.


Panitia menawarkan bentuk kerjasama untuk berpartisipasi dalam fasilitas promosi yang tersedia.

*      Website
Pencantuman logo sponsor pada desain layout website http://www.gene_delapan.co.cc
dalam bentuk iklan.
*      Spanduk
Teknis
ü       Bahan : kain teteron
ü       ukuran : 5 x 0,9 meter
Redaksional
v      logo kegiatan KONVENSI
v      publikasi kegiatan KONVENSI
v      iklan perusahaan pada spanduk tersedia
v      tarif pemasangan iklan berdasarkan ukuran
v      pemasangan :
@ pada tempat-tempat strategis di Jakarta, Bandung
@ pada sekretariat pendaftaran
@ pada tempat pelaksanaan kegiatan
*   Publikasi pada media cetak
Poster/leaflet atau flyer
Teknis
ü      ukuran kertas              : A1 untuk poster dan 10x30 cm untuk flyer
ü      teknik cetak    : offset
ü      jumlah                        : masing-masing 500 lembar
Redaksional
v      logo kegiatan KONVENSI
v      publikasi kegiatan KONVENSI
v      pemasangan/ penyebaran:
@ pada tempat-tempat strategis di Jakarta, Bandung
@ pada sekretariat pendaftaran
@ pada tempat pelaksanaan kegiatan

*      Publikasi acara pada iklan di koran
Teknis
                  Sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang dibicarakan dengan pihak media
      Redaksional
v      logo kegiatan konvensi
v      publikasi kegiatan
v      logo sponsor
v      penyebaran :
@ sesuai dengan penyebaran media cetak yang bersangkutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar