WORKSHOP NASIONAL
STANDARISASI
PROMOSI KEPARIWISATAAN DAERAH
PROVINSI, KOTA DAN KABUPATEN DI INDONESIA
ANGKATAN KE-1
A. Latar Belakang
Dalam lingkungan
ekonomi dan politik sekarang, industri pariwisata atau tepatnya segmen ekonomi
maju ke depan merupakan kesempatan besar satu-satunya dalam pertukaran ekonomi
budaya dan politik dunia. Pariwisata dalam arti seluas-luasnya dapat lebih
mendorong pengertian antar bangsa menuju perdamaian dunia. Selain itu juga
memerlukan kesempatan kerja, menghasilkan devisa dan meningkatkan taraf
kehidupan, lebih daripada kekuatan ekonomi lain yang diketahui.
Pada skala nasional program
otonomi daerah yang sedang dijalankan sampai saat ini telah banyak memberikan
perubahan secara periodik dimana daerah-daerah berambisi menjadikan pariwisata
sebagai salah satu sektor andalannya. Pilihan pariwisata sebagai sektor andalan
tersebut tidaklah terlalu berlebihan apabila dilihat dari fenomena
kepariwisataan Indonesia
secara luas yang tetap tegar citranya meski dihantam berbagai krisis. Dukungan
lain adalah dari berbagai laporan instansi pemerintah daerah baik dari instansi
kepariwisataan maupun yang terkait dengannya (seperti perdagangan,
perindustrian, perhubungan, dll), yang mencatat adanya perkembangan dampak
ekonomis yang semakin meningkat dari adanya kegiatan kepariwisataan di
Indonesia. Realita yang terjadi hampir disetiap daerah kurang memiliki
pemahaman yang jelas dan kemampuan yang memadai untuk mempromosikan
pariwisatanya. Di sisi lain, pengamatan selintas menunjukan bahwa kondisi
sosial budaya masyarakat di daerah belum siap menerima perubahan yang
ditimbulkan oleh kemajuan di bidang pariwisata, karena persepsi masyarakat
masih negatif terhadap bisnis atau industri jasa pariwisata. Padahal
perkembangan di bidang pariwisata tidak dapat lepas dari jasa hiburan yang
mempunyai daya tarik khusus. Problema pariwisata yang terkemuka sesungguhnya
terjadi mulai dari awal hingga akhir, sebagai suatu mata rantai nilai yang
ingin dicapai oleh para pelaku dalam dunia pariwisata yaitu :
-
Bagaimana pembinaan
yang dilakukan oleh dinas yang terkait
-
Bagaimana suatu
informasi pariwisata dikemas untuk disebar kepasar
-
Bagaimana biro jasa perjalanan memberikan pelayanan
-
Bagaimana sarana serta prasarana transportasi (jalan,
lapangan udara, pelabuhan laut) menuju daerah tujuan wisata
-
Bagaimana akomodasi serta mutu makanan yang ada
-
Bagaimana kualitas sarana dan pelayanan hotel atau
penginapan
-
Bagaimana pelaku yang lain menjual produk serta kualitas
pelayanan seperti tempat rekreasi, tempat hiburan (bar, café, dischotique, dll)
serta pedagang atau toko souvenir.
-
Sejauh mana kegiatan promosi yang telah dilakukan.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan suatu tantangan di era globalisasi
saat ini dimana timbulnya persaingan yang sangat ketat sehingga memerlukan
penguasaan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi secara komperehensif
dalam mengelola sumber-sumber daya pariwisata. Untuk menjawab hal-hal tersebut Himpunan
Mahasiswa Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
menyelenggarakan :
WORKSHOP NASIONAL
STANDARISASI PROMOSI KEPARIWISATAAN DAERAH
PROVINSI, KOTA, DAN KABUPATEN DI INDONESIA
ANGKATAN KE-1
B. Tujuan Dan
Sasaran
Program pendidikan dan
pelatihan ini memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, antara lain :
Umum : Meningkakan
kemampuan teknis para pelaku pembangunan pariwisata garis depan baik jajaran
Bidang Pelayanan Pariwisata Dinas Pariwisata Kota dan Kabupaten, PHRI,
Manager/Karyawan rumah makan, Restoran, Hotel Melati dan Bintang serta Tenaga
Guru SMK yang bergerak di bidang pariwisata. Agar secara bersama (kalangan
stakeholder) memiliki persepsi dan jaringan kerjasama yang konstruktif dalam mempromosikan
kepariwisataan di daerahnya masing-masing diera otonomi daerah dan globalisasi.
Khusus : Membina
dan melatih para peserta untuk memahami dan menguasai arti, fungsi, peranan dan
manfaat serta perspektif kepariwisataan secara holistic dengan sasaran :
1. Peserta semakin memahami ruang lingkup tugas-tugas,
wewenang, dan tanggungjawab yang harus dilaksanakannya.
2.
Peserta memahami
apa,siapa, mengapa, bagaimana, kapan, dan dimana promosi dari usaha pariwisata
itu dapat dirancang bagi setiap usaha pariwisata.
3.
Peserta memahami
mengapa promosi usaha pariwisata itu sangat penting, sehingga dapat meningkatkan
devisa dan APBD.
C. Kerangka Pikir
D. Kualifikasi Peserta
Kegiatan pendidikan
dan pelatihan ini diusulkan sejumlah 200 peserta yang terbagi ke dalam 80%
pegawai yang direkomendasikan oleh Kantor Dinas Pariwisata Daerah masing-masing
Provinsi, Kota/Kabupaten yang dipertimbangkan berdasarkan tugas dan fungsi di
wilayah masing-masing, dan 20% asosiasi, pengusaha atau umum yang bergerak di
bidang pariwisata.
-
Dinas Pariwisata Daerah Provinsi, Kota/Kabupaten
-
BAPPEDA Provinsi,
Kota/Kabupaten
-
Anggota Legislatif
Provinsi, Kota/Kabupaten
-
Manajer/Karyawan Rumah
Makan, Restoran
-
Manajer/Karyawan Hotel
Melati, Bintang
-
Tenaga Pengajar
-
Asosiasi Pariwisata,
Lembaga Swadaya Masyarakat
-
Umum
E. Pelaksanaan
Kegiatan
1. Rangkaian
Kegiatan
Kegiatan pendidikan dan pelatihan yang akan
dilakukan merupakan suatu rangkaian aktifitas yang terdiri dari
a. Pre Test
Pre test merupakan kegiatan awal untuk mendiagnosa pengetahuan
kepariwisataan peserta melalui soal-soal sederhana (simple test).
b. Workshop
Seminar ini merupakan kegiatan inti dari
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang berupa pemberian materi-materi yang
mencakup kepariwisataan baik secara lokal maupun global yang disampaikan oleh
pakar-pakar yang ahli dibidangnya masing-masing.
c. Post Test
Post test merupakan kegiatan akhir dimana para
peserta dievaluasi secara serentak mengenai hasil-hasil yang telah didapatkan
selama mengikuti program ini melalui serangkaian test secara tertulis.
d. FieldTrip dan Gala
Dinner (additional)
Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan bagi para
peserta sebagai bahan perbandingan dan pengetahuan tambahan ketika peserta
kembali ke tempat asal masing-masing. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara terpisah dan akan
disesuaikan dengan jadwal yang telah tersedia.
2. Jadwal dan Tempat
Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan diawali
dari perencanaan, pelaksanaan dan diakhiri dengan laporan, dilaksanakan pada :
Hari : Minggu s/d. Kamis
Tanggal : 30
November s/d. 4 Desember 2008
Tempat : Hotel Horison
Jalan Pelajar
Pejuang 45 No. 121 Buah Batu
Bandung 40264
3.
Kepanitian
Penanggung Jawab : DR. Moh. Liga Suryadana, M.Si.
Direktur Pasca Sarjana STP Bandung
Ketua Pelaksana : Ir. I Ketut Warmayana Dana
Wakil Pelaksana : Yakobus Karacap, SST. Par.
Sekretaris : Rendy Wijaya,
SST. Par.
Bendahara : Ari Juli
Murwanti, SE.
Publikasi & Dokumentasi : Daniel Cassa Augustinus, SS.
Furqan Abd. Kadir Jakam , SE.
Akomodasi & Transportasi : Ihram Ramdhani Atmadja, SE.Par.
M. Yogi Wira Sugama, SE.
Acara : Siti Alia Hairiyani, ST.
R. Sondjana Ali Suganda, S.Sos.
Penggalangan Dana : Yogiana Mulyani, SST.Par.
Dinarsiah Chendraningrum, SST. Par.
Imron Rosadi, S.Pd.
Zaenal Muttaqien, SST. Par.
Kesekretariatan : Rowdy Hayes Wonmally,
SS.
F.
Anggaran Biaya
(Terlampir)
G. Penutup
Kegiatan yang
diajukan ini merupakan salah satu upaya yang
dianggap srategis. Efektifitas pelaksanaan kegiatan ini sudah dapat dipastikan
akan mendongkrak mutu proses pelaksanaan kepariwisastaan di provinsi, kota/kabupaten
di Indonesia
karena out-come dari kegiatan ini adalah kegairahan peserta untuk terus menerus
meningkatkan kualitas kinerjanya di daerah masing-masing. Karena itu, dianggap
sangat rasional jika berbagai pihak yang terkait dapat ikut serta mengambil
bagian demi terselenggaranya sistem kepariwisataan dengan baik.
Hal-hal yang berkenaan
dengan teknis pelaksanaan sebaiknya secara sistematis untuk ditaati dan
dilakukan perbaikan jika menghadapi kekurangan pada saat implementasi program.
Bandung, 6 Oktober 2008
Panitia Workshop Nasional Standarisasi Promosi
Kepariwisataan Indonesia
Himpunan Mahasiswa Pascasarjana STP Bandung
Rendy Wijaya, SST. Par.
Ir.
I Ketut Warmayana Dana
Sekretaris Ketua
Mengetahui
:
Program Pasca Sarjana
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
DR. Moh. Liga Suryadana, M.Si.
Direktur
Bagi paket sponsor A panitia
akan memberikan kompensasi penuh seperti :
·
Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang
berukuran 5 x 0,9 meter
·
Pencantuman logo sponsor pada website http://www.gene_delapan.co.cc
·
Pencantuman logo sponsor pada dekorasi gedung
·
Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
·
Pencantuman logo sponsor pada seminar kit termasuk folder
buku panduan acara
·
Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa
acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan
itu sendiri.
·
Penyerahan plakat pada akhir acara
·
pemegang hak eksklusif
Bentuk partisipasi dari paket sponsor A adalah kesediaan dari
sponsor menyediakan dana untuk kegiatan konvensi sebesar 50 % dari jumlah
keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan
partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya
sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya
sebesar 40 %
Bagi paket sponsor B panitia
akan menyediakan bentuk kompensasi bagi perusahaan, sebagai berikut:
·
Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang
berukuran 5 x 0,9 meter
·
Pencantuman logo sponsor pada dekorasi gedung
·
Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
·
Pencantuman logo sponsor pada seminar kit termasuk folder
buku panduan acara
·
Pencantuman logo sponsor pada website http:// www.gene_delapan.co.cc
·
Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa
acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan
itu sendiri
Bentuk partisipasi dari paket
sponsor B adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan
konvensi sebesar 25 % dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan
partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya
sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya
sebesar 40 %
Bagi paket sponsor C panitia
akan menyediakan bentuk kompensasi bagi perusahaan, sebagai berikut:
- Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang berukuran 5 x 0,9 meter
- Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
·
Pencantuman logo sponsor pada website http://www.gene_delapan.co.cc
- Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan itu sendiri.
Bentuk partisipasi dari paket
sponsor C adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan
konvensi sebesar 10 % dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan
partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya
sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya
sebesar 40 %
Bagi paket sponsor D panitia
akan menyediakan bentuk kompensasi bagi perusahaan, sebagai berikut:
- Pencantuman logo sponsor pada publikasi di media cetak
- Pencantuman logo sponsor pada seluruh spanduk yang berukuran 5 x 0,9 meter
- Ucapan terima kasih yang di sampaikan melalui pembawa acara pada akhir acara sekaligus di bacakan secara singkat tentang perusahaan itu sendiri.
Bentuk partisipasi dari paket
sponsor D adalah kesediaan dari sponsor menyediakan dana untuk kegiatan
konvensi sebesar 5% dari jumlah keseluruhan dana yang di butuhkan.
Penyerahan kesediaan
partisipasi dapat dilakukan dengan 2 tahap :
tahap 1: penyerahan biaya
sebesar 60 %
tahap 2: penyerahan biaya
sebesar 40 %
Panitia tidak menutup
kemungkinan dan membuka kesempatan bagi pihak lain yang ingin memberikan
bantuan maupun kesediaan untuk bekerjasama atas nama pribadi maupun perusahaan.
dari pihak sponsor yang dapat di bicarakan dan di sepakati bersama di luar
paket sponsor yang tersedia.
Panitia menawarkan bentuk
kerjasama untuk berpartisipasi dalam fasilitas promosi yang tersedia.
Website
Pencantuman logo sponsor pada
desain layout website http://www.gene_delapan.co.cc
dalam bentuk iklan.
Spanduk
Teknis
ü
Bahan : kain
teteron
ü
ukuran : 5 x 0,9
meter
Redaksional
v
logo kegiatan KONVENSI
v
publikasi kegiatan KONVENSI
v
iklan perusahaan pada spanduk tersedia
v
tarif pemasangan iklan berdasarkan ukuran
v
pemasangan :
@
pada tempat-tempat strategis di Jakarta, Bandung
@ pada sekretariat pendaftaran
@ pada tempat pelaksanaan
kegiatan
Publikasi pada media cetak
Poster/leaflet atau flyer
Teknis
ü
ukuran kertas : A1 untuk poster dan 10x30 cm untuk flyer
ü
teknik cetak :
offset
ü
jumlah
: masing-masing 500 lembar
Redaksional
v
logo kegiatan KONVENSI
v
publikasi kegiatan KONVENSI
v
pemasangan/ penyebaran:
@ pada tempat-tempat strategis
di Jakarta, Bandung
@ pada sekretariat pendaftaran
@ pada tempat pelaksanaan
kegiatan
Publikasi acara pada iklan di koran
Teknis
Sesuai dengan
kesepakatan dan ketentuan yang dibicarakan dengan pihak media
Redaksional
v
logo kegiatan konvensi
v
publikasi kegiatan
v
logo sponsor
v
penyebaran :
@ sesuai dengan penyebaran media cetak yang bersangkutan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar