Sabtu, 18 Februari 2012

Cara Mengamankan Password Kita dari Hacker


Cara Mengamankan Password Kita dari Hacker

oleh: Jayadi     Pengarang : tempebasah.com
  • Summary rating: 4 stars (3 Tinjauan)
  • Kunjungan : 182
  • kata:600 
  •  

Bagi anda yang hobi menjelajahi dunia maya, berhati-hatilah. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan diatas penderitaan orang lain termasuk anda. Saat ini situs jejaring sosial sedang begitu booming. Hingga orang tidak aneh lagi dengan Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan lain-lain.

Bila anda menggunakan internet hanya sekedar untuk baca dan menamabah wawasan mungkin tidak terlalu beresiko. Tetapi jika anda sering mengunduh berbagai macam program (software) maka resiko yang anda hadapi sangat besar. Salah satunya adalah adanya program tersembunyi yang disisipkan untuk memata-matai aktivitas anda di komputer atau untuk mencuri informasi dari komputer kita.

Salah satu software yang bisa menyusup ke komputer kita adalah "keylogger" atau perekam aktivitas keyboard anda sewaktu anda mengetik. Dari rekaman ini mereka mendapatkan password email kita atau password lain misalnya password rekening bank kita. Sangat berbahaya.

Jika password kita telah mereka ketahui mereka akan segera mengganti password tersebut dan identitas kita tanpa kita ketahui. Ujung-ujungnya kita tidak lagi dapat mengakses email kita.

Tips Membuat Password yang Aman
1. Password yang baik adalah yang tersusun dari kombinasi banyak karakter. Password yang hanya terdiri dari angka atau huruf akan mudah ditebak misalnya 12345, qwerty dan lain-lain. Untuk itu buatlah password anda dari kombinasi huruf besar, huruf kecil dan beragam karakter.

2. Panjangnya 10 karakter lebih

3. Tidak menulis kata dalam kamus, nama anda atau segala informasi pribadi anda karena akan mudah ditebak oleh hacker.

4. Jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai layanan. Misalnya anda menggunakan password sama untuk account anda di Yahoo dan di Twitter. Ini berbahaya jika account anda di Yahoo dihack maka otomatis twitter andapun bobol. Sebab menjebol account twitter lebih mudah daripada membobol account yahoo.

5. Jangan pernah meng-klik link yang masuk ke email anda yang meminta anda memverifikasi password. Bisa jadi email tersebut dikirim oleh hacker.

6. Sebelum login email atau yang lain pastikan anda melihat URL yang benar. Misalnya mail.yahoo.com bukan yahoo-verify.com atau yang lain.

7. Untuk login ke layanan online seperti Bank BCA, PayPal dan lain-lain lebih aman jika anda tidak mengetik dengan keyboard tetapi gunakanlah On Screen Keyboard, Character Map. Bisa juga anda mengkopi paste huruf acak menjadi password anda. Cara yang lain adalah misalnya anda mengetik kata-kata yang mengandung password anda kemudia anda simpan menjadi file dalam MSWord atau Notepad kemudian anda gunakan ketika anda membutuhkan dengan cara copy paste.

Walaupun susunannya panjang dan rumit tapi harus mudah diingat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar