Sabtu, 18 Februari 2012

Instrumen Untuk Mengukur Motivasi Kerja


Instrumen Untuk Mengukur Motivasi Kerja
1.      Devinisi konseptual
Motivasi kerja adalah motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan perubahan dalam dirinya yang ditandai dengan doroangan efektif serta reaksi-reaksi dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan oleh orang tersebut.
2.      Devinisi Operasional
Motivasi kerja adalah motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan perubahan dalam dirinya yang ditandai dengan doroangan efektif serta reaksi-reaksi dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan oleh orang tersebut. Adapun hal ini dipengaruhi oleh adanya motif yang antara lain adanya motif ekonomi, faktor hubungan kerja, kesempatan berkembang, serta motif pengakuan diri, sedangkan harapan antara lain harapan untuk mendapatkan kebijakan dari atasan, mendapatkan keadilan kenyamanan dalam bekerja, serta harapan untuk mendapatkan prestasi kerja, serta imbalan baik itu imbalan gaji, jaminan kesehatan, jaminan hari tua mapun jaminan pemberian bonus.
3.      Kisi-kisi penyusunan instrumen  variabel motivasi kerja
 Variabel
Dimensi
Indikator


Kode
           Pernyataan
 

Positif             Negatif
      Jumlah







 
 +           -
Motivasi kerja
Motif
1. Faktor ekonomi
A 1
1,4 ,23,29,30       35
5         1        6
2. Faktor hubungan kerja
A 2
12,25,                  27
2                   2
3. kesempatan berkembang
A 3
31                        32
1         1        2
4. pengakuan diri
A 4
2,
1                   1
5. peningkatan kapasitas kerja dengan tujuan tertentu
A 5
28
1                   1
Harapan
1. kebijakan dari pimpinan
B 1
3, 5, 9, 10            7
4         1        5
2. Perlakuan adil
B 2
6, 22,     8
3                   3
3. Jaminan keamanan dan kenyamanan kerja
B 3
26, 1,20
3                   3
4. Penghargan
B 4


5. prestasi kerja
B 5
33,21
2                   2
Imbalan/insentif
1. Gaji
C 1
17,18
2                   2
2. Jaminan kesehatan
C 2
16,
1                   1
3. Pemberian bonus
C 3
13, 15, 34
3                   3
4.JaminanHaritua/asuransi Jiwa
C 4
14,19, 24,
3                   3




Jumlah


   
32        33    35

4. Instrumen Motivasi kerja
a.      Petunjuk pengisian
1). Mohon dengan hormat kesediaan bapak/ibu/sdr untuk menjawab pertanyaan di bawah ini
2). Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a,b,c,d, atau d yang menurut bapak/ibu/sdr sesuai keadaan yang sebenarnya.
b.      Karakteristik responden
1). Umur                              :   Tahun
2). Janis Kelamin                 :  Laki2/Perempuan
3). Jabatan                           :  -
4). Lama bekerja                 :  Tahun
5). Pendidikan terakhir       :  -       
6). Status                             : Belum menikah atau Sudah menikah
           
  1. Perhatian yang diberikan pimpinan sangat membantu dalam memecahkan masalah keadaan ekonomi keluarga saya
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Pimpinan sangat menghargai pekerjaan yang saya lakukan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Pimpinan selalu menciptakan hubungan kerja yang sangat menyenangkan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Saya bekerja disebabkan karena faktor ekonomi keluarga yang kurang mencukupi
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju  
  1. Setiap ada masalah perusaahaan pimmpinan selalu berupaya mendiskusikan dengan karyawan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Pimpinan selalu menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan karyawan.
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Pimpinan selalu menghindar ketika ada permasalahan diperusahaan.
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Sikap pimpinan yang memberlakukan setiap karyawan tidak sama membuat saya tidak nyaman dalam bekerja
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Sebelum memulai pekerjaan pimpinan selalu memberikan keterangan-keterangan serta penjelasan-penjelasan kepada karyawan tentang pekerjaan yang akan dimulai
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Saya bekerja dalam kondisi yang sangat menyenangkan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Pimpinan selalu bersikap ramah dan baik terhadap karyawan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Saya berusaha untuk bersikap disiplin ketika melakuakan pekerjaan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Apabila saya tekun dalam menjalankan tugas, pimpinan akan memberi reward
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Adanya jaminan hari tua membuat saya semangat dalam bekerja
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Saya berusaha mendapatkan prestasi kerja yang bagus agar mendapatkan gaji tambahan
a. Sangat  Setuju   b. Setuju        c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Adanya tunjangan kesehatan yang diberikan pimpinan membuat saya tenang dalam bekerja.
a. Sangat  Setuju   b. Setuju        c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Saya sangat puas dengan gaji yang saya terima sekarang
a. Sangat  Setuju   b. Setuju       c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Saya bekerja dengan penuh semangat dan bertanggung jawab agar mendapatkan gaji yang pantas/layak
a. Sangat  Setuju   b. Setuju        c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Adanya tunjangan hari tua untuk setiap karyawan membuat saya lebih ber semangat dalam bekerja
a. Sangat  Setuju   b. Setuju          c. Ragu-ragu    d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Pimpinan selalu bersikap simpatik dan selalu memberikan nasihat ketika ada karyawan yang mempunyai masalah.
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
  1. Adanya promosi bahwa bagi karyawan yang berprestasi akan mendapatkan bonus dan bahkan naik jabatan membuat lebih semanget.
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

  1. Pimpinan saya selalau memberikan nasehat setiap saya masuk kerja
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
23. Keluarga saya akan merasa bahagia kalau saya rajin bekerja
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
24. Tempat saya bekerja akan menjamin kehidupan kariayawannya yang berprestasi
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
25. Saya merasa malau kalau saya lalai dalam mengerjakan tugas dengan tepat
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
26.Tempat kerja saya selalau memberikan kariyawannya untuk mengembangkan  kereatifitas diri
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
27.Pimpinan prusahaan saya tidak pernah memberikan sangsi yang berat kepada  kariayawannya yang tidak masuk selama 2 hari
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
28. Perusahaan saya memberikan pasilitas yang mencukupi kebutuhan kariyawan 
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
      29. Saya harus rajin karena utang saya sangat bnyak
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
30. Harga barang melunjak naik, dan harga uang sangat tidak sepadan
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
31. Saya harus bekerja dengan tepat karena saya dekat dengan pemimpinnya
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
32. Setiap saya datang kerumah pimpinan saya istrinya kurang ramah
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
33. Perusahaan saya lemah karena setap ahlinya pensiun, oleh sebab itu saya harus berjuang
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
34. Setiap bulan ramadan semua kariyawan diberikan THR
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju
35. Saya merasa capek bolak balik menggunakan angkuatan umum
a. Sangat  Setuju     b. Setuju      c. Ragu-ragu      d. tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

JAYADI.S,T.S,KOM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar